Bagaimana cara update BIOS netbook Asus X200M ?

Pada tutorial kali ini kita akan coba upgrade bios netbook asus type x200m. Pada umumnya cara ini bisa anda gunakan untuk upgrade bios laptop dan netbook asus type apa saja menggunakan menu tools START EASY FLASH yg tersedia pada menu BIOSnya.


Tools Easy Flash pada Menu BIOS Asus

Fungsi Upgrade BIOS atau Flashing BIOS adalah untuk memperbaharui program dasar pada BIOS. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar BIOS dapat mengenali perangkat keras yang baru.

Langkah Pertama, kita cek versi bios yang digunakan dengan cara masuk ke menu bios dan cek versi biosnya (Version BIOS), pada kasus ini bios yang digunakan masih versi 306 yah,


Version BIOS Asus


Nah sekarang kita coba cek update bios terbaru di situs web asus untuk type X200M x200m https://www.asus.com/support/Download/3/544/0/3/w0z9TBcK9ycJ3Jzl/30/ 


Driver & Tools




Pada menu BIOS silakan klik untuk melihat beberapa update terbaru yah, disitu bisa kita liat update terbaru yang sekarang sudah versi 506.



Deskripsi BIOS
 


Langkah kedua, silakan download dan ekstrak file nya kemudian siapkan flashdisk ukuran apa saja dan usahakan file dalam flashdisk kosong, cukup digunakan untuk menyimpan file bios yang telah didownload, agar anda tidak bingung, biasanya saya menggunakan Flashsidk dan hardisk ekternal untuk menyimpan file bios yang akan digunakan.


File BIOS Hasil Ekstrak


Langkah ketiga, laptop dan netbook dalam keadaan mati tancap flashdisk yang telah diisi dengan file BIOS terbaru yang telah didownload kemudian nyalakan dan masuk pada menu BIOS dengan cara menekan tombol F2 untuk mengakses menu BIOS nya. Setelah masuk pada menu bios pilih TAB Advanced dan pilih Tools START EASY FLASH 






Nah kita akan memulai proses update BIOS, 

Perhatian ! ! ! Proses Update BIOS hanya bisa berjalan dengan kondisi baterai diatas 20 % dan adaptor dalam keadaaan terpasang. Jika tidak maka proses update bios tidak bisa dilakukan.

Setelah masuk pada mode Flashing tampilan nya akan terlihat seperti ini, cari file yang telah disimpan dalam flashdisk perhatikan FS0, FS1, FS2, dan FS3 adalah perangkat yang terpasang, untuk flashdisk menggunakan FS0, bisa dilihat pada gambar selanjutnya cari file bios yang telah disimpan kemudian ENTER untuk memulai proses update BIOS, selanjutnya ikuti saja perintah perintah yang tampil.


Select File BIOS 


File BIOS Hasil Ekstrak


Memulai Proses Update BIOS


Untuk lebih jelasnya silakan simak video berikut ini 



Proses update biasanya dibutuhkan waktu 5-10 menit


Sekian, semoga bermanfaat, TERIMA KASIH

1 komentar untuk "Bagaimana cara update BIOS netbook Asus X200M ?"

Anonim 12 Februari 2023 pukul 23.37 Hapus Komentar
Bagaimana Cara Update Bios Asus X200M Apabila Battery Laptop Sudah JeboL