Cara Memperbaiki Laptop yang Panas Berlebihan (Overheating)

Axioo Pico CJM

Tutorial kali ini adalah bagaimana cara menangani panas berlebih pada laptop yang menyebabkan laptop sering mati saat digunakan, saat ini saya mendapati kasus ini terjadi pada netbook axioo pico CJM, semua terlihat normal, tapi setelah digunakan beberapa saat netbook langsung mati tiba-tiba. Hal ini biasa terjadi pada laptop atau netbook yang memiliki panas berlebih, pada dasarnya panas berlebih akan membuat laptop mati saat sedang digunakan, hal ini terjadi karena processor dilengkapi dengan sensor thermal (Pendeteksi Panas) biasanya processor mempunyai ambang batas panas, ketika panas laptop/netbook melebihi dari ambang batas yang di sanggupi oleh processor maka processor dengan sendirinya akan mematikan diri, hal ini sengaja agar processor dan semua komponen lain anda aman, dan pada saat setelah dingin laptop/netbook anda akan bisa digunakan lagi, namun hal ini jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang jelas akan merusak laptop/netbook anda.

Nah, untuk menangani masalah seperti ini, bisa kita lakukan sendiri dengan cara membersihkan kipas processor mungkin ada debu yang menyumbat sehingga sirkulasi udara kurang lancar, atau mengganti dengan kipas yang baru, serta kita bisa juga menambahkan pasta thermal (thermal paste) pada processor, tergantung kondisi laptop/netbook anda seperti apa.

Jika panas timbul karena debu yang menyumbat sirkulasi udaranya maka bersihkan saja kipas dari debu yang menyumbat, kemudian tambahkan paste thermal pada processor anda. Tapi jika panas timbul karena kipas anda yang tidak berfungsi dengan baik, maka silakan anda mengganti dengan kipas yang lain.

Untuk lebih jelasnya silakan anda lihat tutorial kali ni, saya mempraktekannya pada netbook axioo pico cjm, yang kebetulan mengalami masalah tersebut, baiklah silakan simak dengan baik.

Melepas Baterai

Step pertama, saya melepaskan baterai netbook ini. Hal ini selalu saya lakukan setiap menangani laptop. Apalagi saat ini kita akan membongkar semua bagian netbook axioo ini.

Melepas keyboard

Kemudian saya lepaskan keyboard terlebih dahulu.

Melepas Baut Pada Hardisk


Melepas Hardisk

Selanjutnya setelah saya melepakan keyboard tampak dibawah keyboard terdapat hardisk, lepaskan baut penganjal pada hardisk dan kemudian lepaskan hardisk dengan cara mendorong keluar dari connectornya.



Melepas Baut





Melepas Kabel Connector Touchpad

Kemudian setelah saya melepas hardisk, saya juga langsung melepas semua baut yang tampak pada bagian caching atas dan kabel connector touchpad yang terhubung pada mainboard, lihat gambar di atas.


Melepas Baut Pada Caching Belakang


Melepas Penutup Bagian Belakang

Kemudian saya melepas baut pada bagian belakang netbook, anda juga bisa memulai proses melepas bagian bagian netbook ini dari bagian belakang terlebih dahulu.

Melepas RAM


Melepas Wifi Card


Melepas Kabel Connector Layar

Kemudian saya melepas memori RAM dengan cara menekan keluar secara bersamaan pengancing pada sisi kanan dan kira RAM, saya juga melepas Wifi Card dan Connetor Layar. Lihat gambar di atas.

Melepas Caching bagian atas






Melepas Kabel Connector Kipas

Setelah itu saya membuka caching atas netbook dan melepas semua baut pada maiboard, kemudian saya balik posisi mainboard untuk menjangkau kipas processor, kemudian saya melepas kabel connetor kipas, lihat pada gambar di atas.

Angka urutan melepas baut pada kipas

Melepas baut

Kemudian perhatikan pada kipas laptop terdapat angka yang menjadi urutan untuk melepas baut pada kipas.

Kemudian saya membuka baut sesuai dengan urutan yang tertera pada kipas netbook ini.






Mengolesi pada bagian processor

Memasang kembali kipas netbook

Kemudian saya menyiapkan pasta thermal dan menolesinya sedikit pada bagian atas processor,kemudian saya memasang kembali kipas processornya. Lihat pada gambar di atas.







Dan, saya segera mengetest hasilnya, setelah ditest beberapa jam ini menunjukan hasil yang baik, panas laptop taratasi.

Tapi bagaimana jika permasalahan terjadi pada kipasnya???

Bagaimana cara menanganinya??? 
Nah untuk ini saya berikan juga tutorialnya, perhatikan lagi yah.

Kipas Tidak Bekerja

Mengganti Kipas

Test
Saya mengganti kipas processornya dengan yang masih normal, lepaskan kembali kipas seperti tadi dan ganti dengan kipas yang lain. kemudian test hasilnya.


Sekian tutorial kali ini, silakan praktekan sendiri dan ingat resiko anda yang tanggung sendiri yah.

Semoga berhasil.

12 komentar untuk "Cara Memperbaiki Laptop yang Panas Berlebihan (Overheating)"

Rizki 8 Juli 2014 pukul 18.04 Hapus Komentar
cara buka casing bagian atasnya ko susah yah? mohon dikasih tutornya, atau bagaimana cara mengatasi susahnya itu, susahnya pada bagian touchpad sama tengah atas bawah layar.
Kendari Komputer 10 Oktober 2014 pukul 12.45 Hapus Komentar
Pastikan saja semua baut nya udah dilepas,, kemudian coba buka,, kalau agak keras yah paksa aja tapi tetap hati hati, kalau laptop yg belum pernah dibongkar memang agak keras,, tapi selama bautnya udah dilepas semua pasti gak akan masalah
Han 18 Desember 2014 pukul 15.39 Hapus Komentar
Maaf mas kalau bautnya posisinya kebalik gimana cara bukanya?
Kendari Komputer 24 Desember 2014 pukul 11.00 Hapus Komentar
gunkan magnet aja pada ujung obeng
Abu Salma 28 Februari 2015 pukul 18.15 Hapus Komentar
Sangat membantu thanks...
Unknown 29 Desember 2015 pukul 15.31 Hapus Komentar
mas saya mau tanya notebook saya sama kaya yg di gambar atas . kalau di nyalain tau tau kaya ada suara keresek terus dia mati lagi layarnya . kira kira masalahnya apa ya mas . padahal saya sudah ganti Heatsink Fannya .... ?
Nur Cahya Pamungkas 8 April 2016 pukul 09.43 Hapus Komentar
mantab gan informasinya,caranya simpel dan mudah.
ini juga gan kalau mau servis laptop area jogja gan laptopbekasjogja.wordpress.com
Unknown 11 Juni 2016 pukul 14.28 Hapus Komentar
masih bingung cara menambah pasta thermal pada prosesor takut kebanyakan,,


abon ikan tuna | Inspirasi | abon ikan lele | abon tuna
Texas Holdem Poker 7 November 2016 pukul 19.21 Hapus Komentar
Sukses terus untuk artikelnya bagus bgt ^^
Unknown 10 April 2018 pukul 12.50 Hapus Komentar
Terdengar dari speaker atau dari lubang fan suaranya ?
Kursus Fotografi 12 September 2018 pukul 23.42 Hapus Komentar
Laptop saya LG A405, prosesor i5, sudah saya pasang pasta yang harganya mahal via tukang service laptop, tapi kenapa laptop masih terasa cepat panas ya? Kipas normal dan Bukan diarea kipas panasnya, apa ada penyebab lain, mungkin hardis minta ganti?
lino 8 April 2020 pukul 15.04 Hapus Komentar
mas laptop sy merek Compa. saat sy ksh hidup tidak sampai 5 menit di fleksibel nya yg cepat panas. apa kendalanya dari fleksibel?