Masalah port USB pada laptop/notebook/PC

Port USB tidak terdeteksi

Anda punya masalah port USB pada laptop/notebook/PC yang tidak bisa digunakan untuk konektor pemasangan Flash Disk, Printer dengan kabel USB, Mouse dan sebagainya?? Nih solusinya...


Solusi :
Jika port USB tidak mampu mendeteksi perangkat yang dipasang padanya, cobalah untuk melakukan langkah-langkah analisa sebagai berikut. Chek apakah hal itu berlaku untuk semua USB port (semua port USB tidak bisa mendeteksi perangkat yang dihubungkan dengannya) ? Jika ternyata hal itu ternyata berlaku pada semua port USB, maka ada kemungkinan USB Port di dalam setting BIOS masih disabled. Untuk itu lakukan langkah-langkah:
  1. Restart kembali komputer Anda.
  2. Tekan tombol Del pada saat komputer melakukan proses POST (Power On Selft Test) untuk menampilkan setting BIOS.
  3. Masuk pada bagian Power Management.
  4. Pilih Enabled pada USB Port.
Tetapi jika ternyata masalah di atas tidak terjadi pada semua Port USB, maka ada kemungkinan komputer terkena listrik statis yang membuat Port USB tidak bisa mendeteksi perangkat. Untuk mengatasi itu cobalah untuk mematikan komputer/Laptop terlebih dahulu, kemudian cabut aliran listrik yang terhubung ke laptop, diamkan beberapa saat dan selanjutnya Anda bisa kembali menghidupkan komputer. Akan lebih baik jika Anda membuat ground terlebih dahulu pada komputer.

21 komentar

Tolong pencerahannya, laptop tidak dapat membaca flasdhisk, mouse, dll. tetapi ada satu port usb yang dpat digunakan. Bagaimana cara memperbaiki port usb ini?

Reply

Trik diatas udah dicoba gak?

Coba lepas caching laptop dan bersihkan port usb laptop anda

Reply

bila cara diatas sudah dicoba , dan tetap tdk bisa , kalau harga untuk reparasi usb port berapa ya gan ?

Reply

Tapi yang paling pas tu harus di restart laptop nya trus pasang usb selagi booting gan

Reply

USB gak detect disemua port USB yang tersedia pada laptop itu masalahnya ada pada chipsetnya....
Kalau hanya sebagian yang gak bisa detect biasanya ada jalur yang terputus,

Reply

makasih om atas tipsnya
udah aq praktekin dan ternyata berhasil
kena listrik statis om

Reply

om.,. ane mau nanya...
tiap ane tancapin modem ke kabel usb extender kok selalu muncul " this device can perform faster" di toolbar
kenapa ya???? dan modemnya jd gk mau konek,., tolong solusinya thx

Reply

Jika modemnya udah dites pada usb port yang lain dan tetap begitu berarti modemnya yang rusak.

Reply

om kalo pas belum dicolokin flashdisk nya di device nya ga ada tanda kuning, tapi pas waktu dicolokin ada gimana om ?
solusinya

Reply

Flashdisknya yang rusak tuh,,apakah semua flashdisk jika dicolokan pada bagian port tersebut muncul tanda seperti itu???

Reply

Gan...kira2 berapa biaya untuk service port USB ???

Reply

Biaya tergantung tempat servicenya dimana, kalau wilayah saya kisaran 150-350 Ribu...

Reply

Kalo saya punya modem tapi di pc saya tidak mau kedetek tp di laptop temen saya bisa...trs saya coba pasang flasdisk di pc saya ternyata kedetek...ini kenapa ya mas

Reply

Drivernya belum ke install kali

Reply

Mas saya mau nanya, port USB bagian kiri pada laptop saya, yang port USB nya ada dua kalau di colokin mouse, flashdisk, ataupun. modem lampu indikatornya tidak menyala dan tidak mendeteksi, sedengkan port USB yang kanan, yang hanya satu port USBnya jika dicolokin modem, mouse, dsb, lampu indikatornya menyala tapi selalu ada tulisan "DEVICE DRIVER SOFTWARE WAS NOT SUCCESSFULLY INSTALLED" kira-kira kenapa ya?, mohon penjelasannya!

Reply

kemungkinan driver usb port nya gak terinstall gan

Reply

Gan kok ada 1 port usb yang ga bisa detect modem, flashdisk, kabel usb, tapi bisa buat kipas? Udah coba cara di atas tetep ga bisa. Mohon pencerahannya, thanks

Reply

masalah seperti ini biasa terjadi,, cara saya menanganinya cukup melakukan pengecekan pada system BIOS, setelah itu saya cek di device manager apakah usb portnya udah terinstall, tetapi apabla hasil tetap sama, saya coba nstall ulang dan mendownload driver usb yg cocok dengan type laptop saya,,, biasanya kasus ini masih seputaran system aja kok

Reply

Post a Comment