Cara untuk memperbaiki motherboard laptop dengan chip grafis NVIDIA

Dalam posting ini saya akan menjelaskan bagaimana memperbaiki motherboard laptop dengan chip grafis NVIDIA. Perbaikan ini mungkin berlaku untuk beberapa laptop Compaq/HP dan mungkin beberapa merek laptop lainnya.

Jika perbaikan ini berhasil untuk laptop Anda, harap menyebutkan merek dan nomor model di komentar setelah posting. Ini akan membantu pembaca lain dengan type laptop yang sama.


Metode ini bekerja untuk model berikut: HP Pavilion dv2000, Pavilion dv6000, dv9000 Pavilion, Compaq Presario V3000, v6000 Presario, HP Pavilion tx1000, Pavilion tx2000.

Gejala Masalah:1. Laptop menyala dengan video kacau di layar laptop internal dan monitor eksternal.2. Laptop menyala seperti biasa tetapi tidak ada tampilan pada layar laptop internal atau monitor eksternal.



PERINGATAN!

Tidak ada jaminan metode ini bekerja pada laptop anda. Saat melakukan perbaikan ini dapat menyebabkan kerusakan pada motherboard. Lanjutkan dengan resiko sendiri dan jangan salahkan saya jika laptop anda bertambah parah.
Lakukan dengan hati - hati.


Jika anda tidak yakin bawa saja ketempat service kami.




Berikut langkah-langkahnya :
Pertama-tama, Anda harus membongkar laptop anda dan lepaskan motherboard dari casing laptop. Untuk prosedur pembongkaran cari pada buku manualnya sesuai type laptop anda.

Dalam contoh saya, saya menggunakan motherboard dari laptop HP Pavilion tx2000.


Motherboard HP Pavillon tx2000

Pada kebanyakan laptop chip grafis terletak di bawah heatsink CPU (dan memiliki logo NVIDIA di atasnya), Chip ini memiliki permukaan atas mengkilap.


Untuk perbaikan ini saya akan menggunakan  Ecoheat Gun Model EC-100.

Ecoheat Gun Model EC-100

Untuk mengetahui bagaimana posisi penggunan alat ini dan untuk berapa lama, saya diuji pada koin logam dengan sepotong timah solder yang  diletakan diatas nya.Alat ini memiliki sebuah tombol pada pegangannya. Ada dua posisi untuk saklar.  
Posisi 1 - lambat.  
Posisi 2 - cepat.Saya menggunakan posisi 1 - lambat.Atur posisinya sekitar 1 inci dari koin logam.



Setelah sekitar 40-45 detik solder mulai mencair. Setelah 50 detik solder meleleh sepenuhnya.  

  
Untuk melindungi motherboard dari panas, gunakan aluminium foil. Potong sepotong aluminium foil dan dilipat beberapa kali agar pelapis agak tebal. Setelah itu potong sesuai dengan ukuran chip NVIDIA.Setelah lepas heat sink, dan bersihkan pasta termal yang melengket menggunakan alkohol. 


Posisikan Ecoheat Gun di atas chip NVIDIA sekitar 1 inci jauhnya, gunakan tombol 1.


Setelah 50 detik matikan dan biarkan motherboard dingin sekitar 20 menit.Jangan lupa untuk mengoleskan pasta termal baru pada chip NVIDIA ketika Anda memasang heat sink.
Kemudian pasang dan rakit laptop kembali dengan cara yang benar.



Yupzzz,, Laptop kembali normal. 

Demikian tutorial untuk memperbaiki motherboard laptop dengan chip grafis NVIDIA, semoga bermanfaat..

26 komentar untuk "Cara untuk memperbaiki motherboard laptop dengan chip grafis NVIDIA"

Mustain 19 Februari 2013 pukul 23.22 Hapus Komentar
Memang dalam perbaikan Hadware harus hati2 sekali salah langkah bisa rusak total...
Tutorial yang bermanfaat......
Makasih Ilmunya....
julianmp 20 Februari 2013 pukul 17.28 Hapus Komentar
Terima kasih untuk komentar anda, semoga postingan kami dapat bermanfaat bagi para pembaca...
Unknown 8 Mei 2013 pukul 03.45 Hapus Komentar
lalu kegunaan timah yang di cairkan d atas koin itu gunanya untuk apa mas..??
julianmp 9 Mei 2013 pukul 13.51 Hapus Komentar
Oww, tuh hanya untuk mengetes posisi/jarak alat yang baik sebelum diaplikasikan pada chip...
ricky 2 Juli 2013 pukul 11.23 Hapus Komentar
laptop saya merk toshiba satellite A200, stelah di tekn power on, laptop mulai hidup, tapi beberapa detik kemudian mati sendiri, boleh tanya kerusakan nya apa yah ?
julianmp 3 Juli 2013 pukul 00.22 Hapus Komentar
Gak bisa dipastiin sih. Biasanya kejadian seperti itu dipengaruhi oleh temperature laptop. Mungkin kelebihan panas. Coba bersihkan dlu fun processornya
Anonim 29 November 2013 pukul 10.41 Hapus Komentar
mas saya cari2 alat ecoheat gun nya koq ssh ya, ga ada yg jual
Kendari Komputer 29 November 2013 pukul 15.49 Hapus Komentar
banyak kod disentral teknik dan listrik
zround 10 Maret 2014 pukul 14.18 Hapus Komentar
kebetulan sy punya problem yg sama om, sy panasi sm hairdryer bisa, dan laptop kembali menyala tp setelah sekitar seminggu Alhamdulillah layar mati lg :D rada shock, mau nyoba lg sm blower hp bisa ngga ya om.?
Kendari Komputer 14 Maret 2014 pukul 03.59 Hapus Komentar
Iya di coba aja gan,,, hairdryer blm maksimal...
Unknown 21 Mei 2014 pukul 00.44 Hapus Komentar
mlm gan..
gini gan sya punya permasalahan dg HP COMPAQ PRESARIO CQ41-110AU AMD
awalnya tu saya install ulang, dah full instalasi, dah siap digunakan. saya restart. eh bukan malah hidup on normal, tapi g normal. mksudnya gini, tu laptop cuma hidup doang, g ada tampilan ke layar. kalo prediksi sich kayaknya MB nya dah kena. ada solusi g gan..? thanks
Kendari Komputer 21 Mei 2014 pukul 21.07 Hapus Komentar
cek dulu drivernya gan,,,, biasanya ada kesalahan tuh sering terjadi kalau kita pake Driver Pack,,,Coba masuk ke save mode dengan menekan F8 pada awal boot.. atau untuk memastikannya coba cek mengunakan monitor eksternal
Penanganan Utama Serangan Jantung 31 Maret 2015 pukul 16.06 Hapus Komentar
makasih kaka untuk info post nya ;)
Unknown 5 Agustus 2015 pukul 16.18 Hapus Komentar
Thanks buat infonya...berguna banget.
Unknown 10 September 2015 pukul 22.42 Hapus Komentar
Leptop saya merek Acer tipe 4741Z kerusakannya, pada saat dihidupkan dalam waktu 20 menit mati, kemudian hidup, trus mati juga, solusinya gimana???mohon bantuannya
Kendari Komputer 16 September 2015 pukul 23.49 Hapus Komentar
acer type 4741 mmg penyakitnya seperti itu mas,, chip hm nya panas,, jadi harus di reball, ini pekerjaan khusus teknisi mas,, jadi bawa aja ke teknisi laptop... tapi kalau sekedar cara mengurangi masalah laptop anda cukup bersihkan kipas procesor nya, kemudian danti pasta procesor dan tambahkan pasta di chip nya ,,,
Unknown 26 November 2015 pukul 10.22 Hapus Komentar
gan ane punya dua laptop yg kasusnya mirip yg agan alami,,
1. laptop acer itu kalau di shutdown susah banget mau hidup lagi, harus dipancing dululah caranya dengan copot baterai baru bisa on.
2. laptop asus itu sama persis seperti kasus di atas semua berjalan lancar menurut saya, tapi tidak nampil di layar internal maupun external, kasus ini kira kira kenapa ya (yang asus pakai vga intel, proc core i3)

mohon informasinya., makasi gan
Unknown 10 April 2016 pukul 05.11 Hapus Komentar
mas saya mau nanya, laptop saya kan pernah matot, kata ganti chipset, setelah beberapa bulan laptop saya bener. tapi kok pas gue check di windows tipe laptop saya berubah dari v3_471g jadi E1_471, jadi setelah saya chek ngak ada kendala tapi pas main game ps3 kok agak leg dikit (patah2), saya tebak ad 3 kmungkinan (mengada2 saja) 1. apa karena casan gw bkan yg ori? karena charger saya sekarang adaptor ny agak kecik sedikit .... 2.apa karena ganti chipset???..... 3. apa karena kipas vga nya banyak debu???
soalnya pas main kipasnya sesekali beputar biasa, biasa nya beputer agak ngbut? :) mohon pencerahanya????
Unknown 2 Mei 2016 pukul 17.29 Hapus Komentar
Laptop nyala dengan normal, namun ketika charger layar langsung blank? Saya buka charger nya on lagi, saya colok lagi chargerny of lagi". Knp ya?
Unknown 4 Agustus 2016 pukul 00.26 Hapus Komentar
Gan.laptop saya acer tm4530.pas anak main game tiba2gambarnya kayak vcd /pecah2.lalu saya matikan.dan saya nyalain ga ada tampilan.mohon petunjuknya.
Unknown 4 Agustus 2016 pukul 00.28 Hapus Komentar
Gan.laptop saya acer tm4530.pas anak main game tiba2gambarnya kayak vcd /pecah2.lalu saya matikan.dan saya nyalain ga ada tampilan.mohon petunjuknya.
Anonim 16 Maret 2017 pukul 01.43 Hapus Komentar
makasih infonya gan ini sangat membantu sekali
jika butuh software bios main ke blog saya

http://omah-download.blogspot.co.id/
Harto Malau 9 Juli 2017 pukul 23.40 Hapus Komentar
Makasih tutornya Om.. bermanfaat sekali,

Salam, #BengkelKomputerGaul
https://hartomalau.blogspot.co.id/p/blog-page_4.html
Unknown 30 Agustus 2017 pukul 12.00 Hapus Komentar
Mau tanya nih gan .leptop saya asus A43s kalo dinyalain lampu indikator nyala semua kecual carger karna gak ada batre . Tapi gak ada tampil di monitor internal maupun external , itu kenapa gan ?minta pencerahan solusi
Zaky property 2 Oktober 2017 pukul 10.25 Hapus Komentar
Netbook acer ao-270 saya tak dpt detact external monitor. Try smbung vga cable tak detact, dan try pada hdmi sama juga. Apa masalahnya ya?
WOMFINANCE.CS 18 Januari 2019 pukul 12.00 Hapus Komentar
komputer saya merek philips, itu layarnya sebelah kanan ada garis merah, tp kadang berubah jadi kuning,,kenapa yah gan ?