Solusi Masalah Kerusakan Hardware Laptop Tanpa Bongkar Laptop

Laptop yang rusak menjadi masalah yang sangat menjengkelkan dan bisa mengganggu produktivitas kita. Namun, tidak selalu harus membawa laptop ke tukang servis dan membongkar laptop untuk menyelesaikan masalah kerusakan hardware. Ada beberapa solusi praktis yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut tanpa harus membongkar laptop.


Berikut adalah bagaimana cara memperbaiki beberapa masalah hardware tanpa membongkar laptop anda.


1. Port jaringan rusak
Kebanyakan port jaringan pada laptop (alias RJ-45 port) tersolder langsung ke motherboard. Jika terjadi kerusakan maka  seluruh motherboard harus diganti.
Daripada mengganti motherboard, Anda dapat menggunakan PCMCIA kartu jaringan (LAN card alias PC).  Anda pasang kartu ini ke slot PC yang tersedia di laptop Anda untuk menggantikan port jaringan yang rusak tersebut.
PCMCIA LAN Card

2. USB port rusak.
Laptop memiliki beberapa port USB yang tersedia dan jika salah satunya rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Tapi biasanya itu bukan masalah besar karena anda masih memiliki dua atau tiga port USB yang masih bekerja disisi kiri atau kanan laptop anda. Tapi bagaimana jika semua port USB anda berhenti bekerja sekaligus. Katakanlah controller USB pada motherboard rusak dan laptop berhenti mengenali perangkat USB yang ditancapkan di port USB.
Untuk mengatasi permasalahan ini anda dapat menggunakan kartu PCMCIA USB. Anda pasang kartu ini ke slot PC untuk menggantikan port USB yang tidak berfungsi tadi. Hal ini tergantung pada jenis kartu PCMCIA Anda.
PCMCIA-USB-cards
3. Wireless (Wi-Fi) Card Rusak
Apa yang Anda lakukan jika kartu wi-fi card anda rusak? Sehingga anda tidak dapat lagi menggunakan fasilitas wi-fi yang disediakan oleh layanan free hospot. Pasti anda merasa jengkel kan?? Bingung cara memperbaikinya?? Tenang, Anda dapat menggantinya menggunakan PCMCIA-wireless-card sebagai gantinya.
PCMCIA-wireless-card
4. Flash internal pembaca kartu memori rusak.
Laptop terbaru dilengkapi pembaca kartu memori internal. Anda bisa pasang kartu memori yang ke dalam slot dan mengakses data anda. Biasanya pembaca kartu disolder langsung ke motherboard dan jika rusak, Anda harus mengganti motherboard secara keseluruhan atau tidak menggunakannya lagi.
Jika Anda tidak ingin mengganti motherboard Anda dapat menggunakan USB flash eksternal pembaca kartu memori. Jadi anda tinggal memasangnya dengan menyambungkan pada port USB yang tersedia pada laptop anda.
USB flash memory card
5. Internal CD / DVD drive kegagalan.
Jika drive optik rusak dan berhenti membaca CD dan DVD, itu harus diganti dengan yang baru. Drive laptop internal optik tidak murah.
Daripada mengganti drive internal, Anda dapat menggunakan USB drive eksternal optik. Cukup  sambung drive ke port USB, biarkan laptop Anda mendeteksi dan menginstal drive dan siap untuk Anda gunakan. 
Eksternal USB Optical Drive
Sekian dan semoga bermanfaat bagi pembaca.

7 komentar untuk "Solusi Masalah Kerusakan Hardware Laptop Tanpa Bongkar Laptop"

julianmp 6 Mei 2013 pukul 23.33 Hapus Komentar
Yupz semoga bermanfaat
Unknown 7 Juli 2013 pukul 01.19 Hapus Komentar
Bro, masalahny laptop sy gak ada Port untuk PCMCIA. Port LAN Card (RJ45) saya rusak. Selain menggunakan PCMCIA ada alat lain gak ? atau bisa gak yg internal itu diperbaiki ? mohon pencerahanya :-)
julianmp 7 Juli 2013 pukul 02.23 Hapus Komentar
Pake Wi-Fi Card aja, Jenis kartu ini mempunyai dua colokan, ada yang bisa menggunakan slot PCMCIA dan ada juga yang menggunakan port USB. ..
D. SURYAMAN/LEGAL CONSULTANT 27 Oktober 2013 pukul 06.28 Hapus Komentar
Mas Julian. Terima kasih atas pencerahannya. Sukses selalu.
myndot 24 April 2015 pukul 07.47 Hapus Komentar
daeng, slot PCMCIA tu beda sendiri ya? g sama dengan soket Optical druve??
Kendari Komputer 23 Mei 2015 pukul 18.55 Hapus Komentar
iya daeng