Penyebab layar lcd laptop gelap tidak menyala


lcd laptop gelap tidak menyala

Layar laptop adalah bagian penting dari laptop yang berfungsi sebagai tampilan visual untuk menampilkan gambar, teks, video, dan informasi lainnya kepada pengguna. Layar laptop terdiri dari beberapa komponen, termasuk panel layar, backlight, driver layar, dan koneksi ke motherboard laptop.

Komponen Penyusun Layar Laptop Terkait dengan Tampilan Layar Laptop

Panel layar

adalah bagian dari layar laptop yang sebenarnya menampilkan gambar. Jenis panel layar yang paling umum digunakan pada laptop adalah panel LCD (Liquid Crystal Display) yang menggunakan kristal cair untuk menghasilkan gambar. Ada juga beberapa jenis panel lain yang lebih mahal dan lebih canggih, seperti OLED (Organic Light Emitting Diode) dan AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). 

Backlight 

adalah bagian dari layar laptop yang menyediakan cahaya untuk panel layar. Sebagian besar layar laptop modern menggunakan teknologi LED (Light Emitting Diode) untuk backlight. Teknologi LED memberikan cahaya yang lebih terang dan lebih efisien secara energi dibandingkan dengan teknologi backlight lainnya yang lebih lama.

Driver layar 

adalah program perangkat lunak yang mengontrol bagaimana gambar ditampilkan pada layar laptop. Driver layar dapat dikonfigurasi untuk mengubah resolusi layar, kecerahan, kontras, dan pengaturan lainnya.

Koneksi antara layar laptop dan motherboard

Ini terdiri dari beberapa kabel dan konektor yang mengirimkan sinyal gambar dan daya dari motherboard ke panel layar. Beberapa laptop memiliki konektor layar eksternal yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan laptop ke monitor eksternal yang lebih besar.


Secara keseluruhan, layar laptop adalah komponen penting dari laptop yang memainkan peran kunci dalam menampilkan informasi visual kepada pengguna. Pengguna dapat memilih laptop dengan spesifikasi layar yang sesuai dengan kebutuhan mereka, seperti ukuran layar, resolusi, teknologi backlight, dan jenis panel layar.

Kerusakan yang umum terjadi pada layar laptop


  • Layar pecah atau retak: Ini bisa terjadi jika laptop terjatuh, terbentur, atau terkena tekanan yang kuat. Pecah atau retak pada layar dapat mengganggu tampilan visual dan bahkan membuat layar tidak dapat digunakan.
  • Dead pixel: Dead pixel adalah kondisi di mana salah satu atau beberapa titik di layar tidak dapat menampilkan warna dengan benar. Dead pixel dapat terjadi akibat kerusakan pada panel layar atau penggunaan yang berlebihan.
  • Burn-in: Burn-in terjadi ketika gambar yang sama terus-menerus ditampilkan pada layar selama periode waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan bayangan gambar yang tertanam pada layar, sehingga membuat tampilan tidak merata.
  • Backlight mati: Backlight yang mati dapat menyebabkan layar menjadi gelap dan sulit untuk dilihat. Ini bisa terjadi karena umur layar yang sudah tua atau masalah pada teknologi backlight.
  • Kabel layar rusak: Kabel layar adalah kabel yang menghubungkan panel layar ke motherboard laptop. Jika kabel ini rusak atau lepas, layar dapat menjadi gelap atau tidak menampilkan gambar dengan benar.
  • Masalah driver: Driver layar adalah perangkat lunak yang mengontrol bagaimana gambar ditampilkan pada layar. Jika driver rusak atau tidak diinstal dengan benar, layar dapat menampilkan gambar yang tidak benar atau bahkan tidak menampilkan gambar sama sekali.

Jika terjadi kerusakan pada layar laptop, sebaiknya segera dibawa ke servis resmi untuk diperbaiki atau diganti dengan layar baru. Mengabaikan kerusakan pada layar dapat memperparah kondisinya dan memperbesar biaya perbaikan di kemudian hari.


Namun anda bisa melakukan analisa terlebih dahulu, ada beberapa kemungkinan , kita bisa melacak dari vga dahulu. Ciri khas nya adalah coba hubungkan vga out dengan monitor atau LCD external bila gelap ada kemungkinan vga chipset yg rusak. Sedangkan bila menyala , ada kemungkinan lcd, inverter, atau kabel flexibel. Untuk pengetesan harus menggunakan yang identik atau dikanibalkan dengan yg sama typenya. Seperti inverter, lcd ataupun flexibel. Apabila kita perhatikan ada gambar tipis atau seperti banyangan di LCD, maka yang kemungkinan rusak adalah lampu LCD (CCFL) , inverter atau flexibelnya. Sehingga kondisi gelap atau mati belum tentu harus ganti LCD.

semoga bermanfaat.

35 komentar untuk "Penyebab layar lcd laptop gelap tidak menyala"

Anonim 23 April 2013 pukul 23.53 Hapus Komentar
kalau lcd jadi putih itu kenapa ya gan kasus pada byon

belajar service laptop
julianmp 6 Mei 2013 pukul 23.49 Hapus Komentar
Biasanya ada masalah dengan kabel flexible nya, bongkar aja n bersihkan pin connectornya
Unknown 17 Juni 2013 pukul 17.51 Hapus Komentar
Laptopku jg mati lyr nya... Kta tukang servis itu lcd nya kna...pdhl blm di priksa..baru ngliat doang...trpksa dech biayanya mahal...
Mnurutmu itu bener ga sih ian..
Mksh
julianmp 20 Juni 2013 pukul 01.19 Hapus Komentar
Belum tentu,,,Bisa aja gak tampil karena pengaruh dari ram, terkadang ada kasus kayak gthu hanya dibersihin dgn penghapus pensil pada pin ram udah tampil kembali, untuk ngetest coba hubungkan dengan monitor eksternal menggunakan kabel vga
Mie _Mie 5 Februari 2015 pukul 20.26 Hapus Komentar
Salam kenal.
Mau nanyak ni notebook saya juga layarnya gelap seperti tidak ada lampu tapi kalau di perhatikan tampilan layar teerlihat hanya menjadi gelap. Sudah saya tes memakai lcd eksternal notebook bekerja normal. Saya tanyakkan ke service komputer mereka bilang LCD. Padahal belum di cek, kalau menurut feelling saya bisa jadi lampu penerang_a.
Kalau menurut agan.
Makasi 😊
Kendari Komputer 11 Februari 2015 pukul 11.57 Hapus Komentar
Iya mba salam kenal, kasus seperti itu mmg kita para teknisi langsung vonis LCD nya, menurut mba itu Lampu penerangnya, lampu penerangnya kan include di LCD nya mba, jadi tetap LCD harus diganti, bisa diperbaiki tapi gak akan bertahan lama dan cara kerjanya pun agak susah, otomatis biayanya gak jauh beda dengan mengganti LCD baru, jadi mending langsung ganti LCD aja mba,,, makasih
Unknown 21 Desember 2015 pukul 09.07 Hapus Komentar
Mas mau nanya leptop saya nih gelap saya sdah coba sambung kan ke LCD eksternal nyala dia.....itu masalahnya di mana yah.....soalx lepto saya acer yg terbaru gak ada inverternya....jdi kerusakannya pada apa nya mas.....mohon di bantu
Unknown 21 Desember 2015 pukul 09.11 Hapus Komentar
Mas mau nanya leptop saya nih gelap saya sdah coba sambung kan ke LCD eksternal nyala dia.....itu masalahnya di mana yah.....soalx lepto saya acer yg terbaru gak ada inverternya....jdi kerusakannya pada apa nya mas.....mohon di bantu
Kendari Komputer 28 Desember 2015 pukul 18.15 Hapus Komentar
Layar laptopnya gelap yah??? kerusakan bisa jadi di LCD nya atau kabel signal atau dijlur LVDS pada mainboard laptop nya
Unknown 8 Januari 2017 pukul 14.32 Hapus Komentar
Mas mau tanya laptop saya, layarnya tu redup2 gt, jadi kayak redup terang redup lagi tetapi gambarnya masih ada, orang klo setel film suaranya masih ada cuma cahaya layarnya yg redup. Kira2 itu masalahnya dimana ya mas? Makasih sebelumnya
Kendari Komputer 8 Januari 2017 pukul 23.19 Hapus Komentar
banyak penyebab, tapi 70% layarnya masalah, backlightnya udah gak kuat, biasanya disarankan langsung ganti layar aja
Unknown 10 Januari 2017 pukul 07.27 Hapus Komentar
Mas mau tanya, laptop saya sering mati apabila digeser sedikit atau saat mengetik. Dan saat dibawa ke tempat service katanya part lcd nya sudah rusak. Apakah jika kerusakan demikian harus mengganti lcd baru.
Terima kasih🙏
Unknown 10 Januari 2017 pukul 08.18 Hapus Komentar
Kira2 kalo servis ganti layar berapa ya mas biayanya?
Kendari Komputer 11 Januari 2017 pukul 23.26 Hapus Komentar
itu bukan lcd nya yang rusak, kemungkinan besar hanya flexible nya aja karna kalau nemu posisi yg pas pasti bagus yah>?? kecuali saat digoyang dikit tampilan langsung hilang,,, cukup ganti flexible aja (kabel signal) biaya 150-300 an
Kendari Komputer 11 Januari 2017 pukul 23.27 Hapus Komentar
kalau service ganti layar tergantung ukuran layarnya, biasanya 500-800 an
Putra Hermanto 14 September 2017 pukul 15.29 Hapus Komentar
laptop ane axioo neon mnc.layarnya hitam tapi kalau di senter ada tampilan gayak biasa(tampilan dekstop) gan.gunaiin laptop harus pakai senter.itu apanya gan
?????

s
Unknown 13 Oktober 2017 pukul 15.18 Hapus Komentar
Mas mau nanya ni..
Laptop saya juga punya masalah yang sama seperti tman2 di atas.. yaitu layarnya gelap. Suda sya coba beberapa kali tetap aja tda mau... awal ada bintik hitam di layarnya biasanya sampeimenutupi lyarnya. Biasanya cuman tekan di samping papan keyboard uda normal sendiri...
Kejadiannya berawal dari...
Pengaru terlalu sering muncul bintik hita akirx saya memutuskan untuk cabut batreynya dan nyala sambil ngrcas trus krna masi bintik hitam mode powernya saya kasi balance sehingga terang layarnya... akirnya tidak ada lagi bintik hitam. Setela lama kelamaan sya tertidur lupa matikan laptopnya saat bangun layarnya uda gak muncul lagi..
Gimana solusi nya masss...
Unknown 20 November 2017 pukul 14.54 Hapus Komentar
Mas permisi numpang tanya.
Saya kebetulan lagi cek laptop acer aspire e1-431, problem nya LCD monitor lampu backlightnya kadang nyala kadang mati, ketika dinyalakan kondisi layarnya nyala normal tapi ketika dibantu dengan charger adaptor saat dinyalakan tiba-tiba lampunya mati, itu penyebabnya dari apanya ya?
Unknown 19 Januari 2018 pukul 09.11 Hapus Komentar
Mas punya saya sony vaio kmrn dinyalain mesin normal tp lcd ga nyala, trus hari ini tak coba nyalain lagi lcd nyala tp sampai menu dekstop sempat tak refres 2 x karrna agak lemot, tp tiba2 mati lagi, knp ya mas
Mhn pencerahan
Unknown 30 Maret 2018 pukul 22.33 Hapus Komentar
Mwu nanya... Laptop saya awalnya jatuh ada garis vertikalnya di kiri layar.. Nahh selisih 2 hari nan saya mau nyalain msh bisa keesokannya saya mau nyalain lagi layar nya ngga nyala tpi indikator nya msh nyala semua, itu knp ya.. Mksh
Hidreamers88 10 April 2018 pukul 21.38 Hapus Komentar
Kalo backlight nyala, tp gelap gan.. laptop Sony Vaio SVF.. mohon bantuan nya gan .. kira2 kabel/inverter atau LCD nya ya?
Unknown 28 Juni 2018 pukul 16.31 Hapus Komentar
Barusan ganti lcd gan baru 2 bulan..tapi layar redup apakah harus ganti lcd lagi atau tidak? Kalo dilihat pakai senter kelihatan
Unknown 30 November 2018 pukul 15.29 Hapus Komentar
Gan saya minta bantuan nya gan, laptop saya Hp compaq cq43 sudah ganti lcd sama flexible baru tapi lampu lcd nya ngak hidup gambar kelihatan kalau di senter
Unknown 12 Desember 2018 pukul 16.22 Hapus Komentar
Kak ini laptop saya kok bisa hidup tapi cahaya nya gak hidup kak jadi kayak gelap gitu solusi nya gimana kak solusi nya???
Unknown 14 Desember 2018 pukul 15.32 Hapus Komentar
Kak kmaren kan laptop saya lowbath jadi pas di cas dihidupkan cmn lampu indikator nya aj yg idup layar ny mati. . It gimana solusi nya kak? Apa yg rusak kira2... Kmaren it dimasukan ke laptop dulu sudah it baru ke listrik soal nya
el rOup 29 Desember 2018 pukul 17.13 Hapus Komentar
.kaya.a punya saya sama seperti yg di gambar, gelap, pas di senter keliatan dah tuh kalo dia nyala alias ngga mati.. solusinya gmna yah
Unknown 20 Januari 2019 pukul 09.13 Hapus Komentar
maaf gan solusi bawa saja langsung ketukang service alias ganti layarnya...
Unknown 25 Maret 2019 pukul 05.49 Hapus Komentar
Kak, saya mau tnya, laptop saya juga rusak, layarnya gelap. Sdh di coba dgn Sambungkan ke LCD eksternal tampilan normal seperti biasa tapi laptop saya gelap hnya bisa dilihat kalo menggunakan senter, kira kira apa yg rusak kak?
Abdullah mubarak 24 Juni 2019 pukul 20.50 Hapus Komentar
mhn ajaran. ini NB asus x200ca . dinyalakan layar tampilan nyala tpi tdk ada lampu atau gelap. pke senter keliatan
Unknown 28 Agustus 2019 pukul 21.51 Hapus Komentar
Sama laptop gue juga layarnya gelap banget tapi paspake senter keliatan masih berfungsi normal,gimana dong l
Nzang prabu 30 April 2020 pukul 23.52 Hapus Komentar
Gan mau tnya nih..leptop sy udh lama gk d pake stlah sy nyalakn lnsung buka lyr tiba2 layar kedip2..tp stlah sy sentr layr nya ada gmbr nya normal hnya gelap doang..minta solusinya gan apa kh flexsibelnya apa lmpu lednya? trimksih..
Nzang prabu 30 April 2020 pukul 23.54 Hapus Komentar
Gan mau tnya nih..leptop sy udh lama gk d pake stlah sy nyalakn lnsung buka lyr tiba2 layar kedip2..tp stlah sy sentr layr nya ada gmbr nya normal hnya gelap doang..minta solusinya gan apa kh flexsibelnya apa lmpu lednya? trimksih..
Nzang prabu 30 April 2020 pukul 23.54 Hapus Komentar
Gan mau tnya nih..leptop sy udh lama gk d pake stlah sy nyalakn lnsung buka lyr tiba2 layar kedip2..tp stlah sy sentr layr nya ada gmbr nya normal hnya gelap doang..minta solusinya gan apa kh flexsibelnya apa lmpu lednya? trimksih..
Toko Komputer 24 Februari 2021 pukul 17.15 Hapus Komentar
Trims untuk informasinya ya,
Bermanfaat sekali.

Boleh dong kunjungan baliknya ke tulisan terbaru saya.
Langsung Cek di Cara Membersihkan Laptop Bagian Luar Agar Seperti Baru

Regards,
https://agreside.medium.com
Hari Fauzan 3 November 2022 pukul 22.10 Hapus Komentar
Misi kak laptop saya baru dan setelah 1 minggu tiba tiba lampu layar monitornya redup sebeleh mind. mohon pencerahan sodara sodara. trimakasih